Minggu, 21 Juli 2019 / 18 Zulqaidah 1440 H | 03:11 WIB
Tlp: 0751-32374

Foto

Pelabuhan Muaro Tempoe Doeloe

Kamis, 04 September 2014 | 14:49:19 WIB

Kota Padang memang memiliki sejarah yang panjang. Kota ini pada awalnya di bangun oleh Belanda sekitar abad ke 17-18 sebagai persinggahan kapal dari pelayaran di wilayah Barat. Antara lain untuk merawat tentara Belanda yang sakit atau cidera sewaktu perang melawan Aceh. Disamping itu juga untuk kepentingan perdagangan dengan pribumi ke pedalaman bagian tengah Sumatera. Di pesisir timur Sumatera Belanda tidak berkuasa karena kawasan itu di kuasai oleh musuh Belanda seperti Portugis dan Inggris. Sedangkan daerah ujung sumatera di kuasai oleh kerajaan Aceh. Satu-satunya jalan adalah membangun daerah transit di kawasan tengah Sumatera baik untuk perjalanan ke Eropah maupun untuk menyerang kawasan ujung Sumatera yang dikuasai oleh kerajaan Aceh, sedangkan daerah pedalaman terdapat kerajaan Pagaruyung. Salah satu taktik Belanda untuk menguasai daerah Padang adalah membangun pangkalan di luar kawasan ini, yaitu di pulau Pisang seperti yang terlihat pada peta di bawah ini. Di tempat ini kemudian di bangun Benteng dan gudang-gudang persenjataan milik Belanda.

Keterangan gambar : Padang tahun 1753. Bagian kiri adalah kawasan sungai Muara (Muaro) yang nantinya dipakai sebagai pelabuhan pertama yang dibangun oleh Belanda untuk gudang senjata, perkantoran dan sebagainya. Tetapi sebelum masuk ke kawasan ini Belanda membangun basis pertahan di pulau Pisang ( kanan bawah). Bagian tanjung yang menjorok ke laut dekat sungai Muara adalah Gunung Padang, pantai sebelah kanan adalah pantai Air Manis. Sumber: geheugenvannederland (2011)

Lambat laun daerah kawasan Muara dan sehiliran sungai ini di kuasai oleh Belanda. Di Kawasan ini kemudian di bangun rumah sakit untuk merawat tentara Belanda, pergudangan, perkantoran dan sebagainya.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar