Jumat, 27 April 2018 / 11 Sya'ban 1439 H | 09:16 WIB
Tlp: 0751-32374

Artikel

Mewujudkan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

Oleh: Ditjen Keuangan Daerah Depdagri | Selasa, 16 September 2014

Pada tahun 2015, seluruh instansi pemerintah baik yang ada di pusat maupun di daerah harus sudah menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual (accrual basis). "Setelah aturan SAP berbasis akrual ditandatangani maka pemerintah pusat dan daerah harus sudah menerapkan SAP per 1 Januari 2015," kata Dirjen Keuangan Daerah, Yuswandi A...

baca selengkapnya

PENGELOLAAN ASET EKS BPPN

Oleh: Moh. Ilham Nurhuda dan Langgeng Suwito, SE.MCom | Sabtu, 28 Juni 2014

2014-08-29 07:55:51
A. PengantarBPPN sudah berakhir, tetapi segala permasalahan berkaitan pasca pembubaran BPPN masih banyak tersisa dan sementara ini diserahkan ke Departemen Keuangan melalui Tim Pemberesan BPPN atau TP BPPN yang diketuai langsung oleh Menteri Keuangan. Sebagaimana kita ketahui, segera setelah BPPN dibubarkan pemerintah mengeluarkan 3 (tiga) Keputusan..

baca selengkapnya

BERAPA SIH JUMLAH KEKAYAAN NEGARA KITA ?

Oleh: Asr. Imro perbendaharaan.go.id | Sabtu, 28 Juni 2014

Pernahkah Anda tahu berapa jumlah kekayaan negara kita? Untuk sementara simpan dulu rasa penasaran Anda. Karena tidak akan ada yang bisa menjawabnya. Inilah gambaran umum negeri yang sering digambarkan sebagai sepotong surga didunia. Seolah-oleh kaya, tetapi tidak ada isinya. Seperti aset para pengutang BLBI yang disetor ke BPPN. Seolah-olah besar dan mampu..

baca selengkapnya

Mensiasati Anggaran pendidikan 20 Persen

Oleh: keuda.kemendagri.go.id | Sabtu, 28 Juni 2014

Visi Pendidikan nasional Indonesia adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa, untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.Sesuai dengan visi tersebut, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan..

baca selengkapnya

Maksimalkan Dana Hibah untuk Kepentingan Rakyat

Oleh: keuda.kemendagri.go.id | Sabtu, 28 Juni 2014

2014-08-29 07:46:29
Bantuan hibah dan bantuan sosial (bansos) adalah dua buah rekening belanja Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang cukup 'seksi', karena banyak yang membutuhkannya. Banyak kepentingan yang perlu diakomodir, baik kepentingan kesejahteraan masyarakat maupun kepentingan politik dalam arti luas.Berdasarkan PP 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan..

baca selengkapnya

Penggunaan Dana BOS Tidak Sembarangan

Oleh: keuda.kemendagri.go.id | Senin, 01 Januari 2014

Penggunaan dana bos tidak sembarangan. Jika mengacu pada aturan pelaksana dan petunjuk teknis (Juklak/Juklis) dari pemerintah pusat maka penggunaan dana Bos di sekolah baru dicairkan didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama Tim Manageman BOS Sekolah, Dewan Guru, dan komite sekolah. Hasil kesepakatan harus dituangkan secara tertulis dalam bentuk..

baca selengkapnya